Selasa, 18 April 2017

Materi Blog




Responsive Blog. Blog merupakan singkatan dari "web log" yang merupakan suatu bentuk aplikasi web yang berupa aneka macam tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting atau artikel-artikel blog) pada sebuah halaman web umum (template blog). Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut yang terbalik (isi atau postingan yang terbaru ditempatkan lebih dahulu atau pada urutan yang pertama baru kemudian diikuti dengan isi atau postingan yang lebih lama dibuat), meskipun tidak harus selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik yang diperlukan dan tujuan dari si pengguna blog tersebut, yang biasanya dengan menuliskan suatu kata tertentu (keyword) pada halaman pencarian Google, Yahoo, Bing atau search engine yang lainnya.

Sejarah munculnya Blog
Media blog ini pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum pada akhirnya diakuisisi oleh pihak Google pada sekitar akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka (open source) yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog (blogger) tersebut.

Manfaat dan Kegunaannya
Blog ini mempunyai fungsi atau manfaat yang sangat beragam, mulai dari hanya berupa sebuah catatan harian, media publikasi dalam bentuk sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media lainnya dan perusahaan-perusahaan kelas atas. Sebagian besar blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal (blogger), sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis dalam sebuah konsorsium. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti halnya menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atau tanggapannya atas isi dari sebuah tulisan (artikel blog) yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif), artinya hanya dipergunakan untuk kalangan terbatas semacam yang dimiliki oleh sebuah institusi sekolah atau perguruan tinggi.

Situs-situs web yang saling berkaitan antara beberapa blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

Komunitas Blogger
Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.

Untuk bisa bergabung dalam sebuah komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk, misalkan harus berasal dari sebuah daerah tertentu atau memiliki kesamaan minat tertentu.

Budaya populer
Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk kegiatan blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu dengan tujuan mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel (update blog). Dewasa ini telah ada lebih dari 10 juta blog yang bisa ditemukan di dunia internet, dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan bagi pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih harus sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar.



Manfaat Ekonomis
Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan (ekonomi, keuangan) utama melalui sebuah program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau semacam program-program afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog (mengelola sebuah blog), karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah dari aktivitas ngeblog ini.

Risiko kejahatan
Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam sebuah blog. Hal ini dapat berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

A. Cara Pembuatan Blog Sebelum membuat Blog, kita harus mempunyai alamat E-Mail terlebih dahulu. Tanpa E-Mail kita tidak akan bisa membuat Blog. Adapun langkah-langkah dalam membuat Blog adalah sebagai berikut:
1.Masuk ke Alamat www.blogger.com
a. Klik tulisan “belum punya Akun Google”
b. Isikan Alamat Email dengan alamat Email anda
c. Ketik ulang alamat Email dengan alamat Email anda
d. Isikan password pada form Masukkan Sebuah password
e. Isikan kembali kata sandi tadi pada Ketik Ulang kata sandi
f. Isi Nama Tampilan dengan nama yang ingin ditampilkan
g. Tulis tulisan pada form word Verification.
h. Beri tanda centang pada kotak di pinggir tulisan Saya menerima persyaratan dan layanan.
i. Klik gambar anak panah yang tertulis “Lanjutkan”.

2. Tampilan verifikasi akun :
a. Centang pada pesan teks
b. Pilih Negara
c. Masukan No. Ponsel
d. Klik “Kirim Kode Verifikasi Ke Ponsel Saya”
e. Maka anda akan mendapat sms ke ponsel anda
f. Masukan Verifikasi akun yang anda terima di ponsel
g. Klik “Verifikasi”

3. Pemberitahuan Email ”aktifkan Sekang” agar blog anda bisa aktif dan siap untuk di entri
4. Beri nama Blog Klik “Ciptakan Blog Anda”maka tampilan yang akan keluar adalah sebagai berikut:
a. Masukan Judul Blog anda
b. Masukan Alamat Blog (URL)
c. Klik tanda panah “Lanjutkan”

5.Pemilihan Template Template adalah desain-desain halaman web ataupun blog beserta seluruh komponennya (misal : gambar, stylesheet, dsb) baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web.
a. Pilih template yang di ingin kan
b.Lalu klik “Lanjutkan”

6. Blog sudah jadi - Klik tanda panah “Mulai Bloging” untuk menampilkan Posting Tampilan Posting Baru. 

Bedanya dengan Website
Blog itu bagian dari website (situs web). Dengan kata lain, sebuah blog sudah pasti sebuah website, tapi sebuah website belum tentu sebuah blog.

Ibaratnya, website itu sebuah rumah. Yang namanya rumah, tentu ada kamar-kamar (ruangan), seperti ruang tamu, ruang tidur, dapur, dll. Nah, blog itu ibaratnya salah satu kamar (ruangan) dalam rumah (website) itu.

Satu hal yang menarik, menurut 
Jeff Korhan, Google menyukai blog karena konten yang dipublikasikannya itu segar, relevan, dan aktual. Jika berkualitas tinggi, justru blog yang biasanya ada di peringkat teratas hasil pencarian Google.

Google loves blogs because the content they publish is fresh. Fresh content is relevant. It’s current. If it also happens to be high quality, it quickly rises to the top of Google search. 

Perbedaan blog dan website biasanya dilihat dari sisi:
1.    Kepemilikan
2.    Tampilan
3.    Domain - Hosting
4.    Gaya Bahasa

Blog biasanya dimiliki individu atau perorangan yang hobi menulis yang disebut blogger. Website biasanya dimiliki lembaga atau perusahaan.

Namun, banyak juga lembaga/perusahaan memilih jenis blog sebagai situs webnya --dengan menggunakan nama domain sendiri (
cutom domain) atau blog selfhosting dengan menggunakan CMS Wordpress misalnya.

Tampilan blog biasanya lebih simple daripada website. Namun, dengan platform blogger (blogspot.com), tampilan blog bisa lebih bagus dari website. Banyak template blog yang keren dan bagus, layaknya web profesional. (Lihat misalnya: 
Template Blog SEO Responsif).

Gaya bahasa blog biasanya personal, gaya ngobrol atau percakapan. Namun, blog yang dimiliki lembaga juga menggunakan gaya bahasa "formal" layaknya website.

Barangkali pembeda utama blog dan website saat ini adalah dari sisi domain hosting. Blog itu situs dengan doman dan hosting gratis (free hosting), sedangkan website berbayar (sewa doman dan hosting/server sendiri).

Jenis Jenis Blog
Berdasarkan Platform
  1. Free Blog, seperti blogger/blogspot, wordpress, dll.
  2. Self-Hosting Blog, seperti wordpress.org, joomla, drupal, dll.
  3. Citizen Journalism Blog, seperti kompasiana, blogdetik, dll.
Berdasarkan Format Isi (Konten)
  1. Vlog. Vlog = Video Blogging = Vlogging,  yaitu blog dengan konten utama berupa video.
  2. Photoblog. Disingkat Phlog yaitu blog dengan konten utama foto.
  3. Audioblog Blog berisi rekaman vokal atau suara sebagai konten utama, misalnya Podcast dan MP3 blog atau musicblog, yang memungkinakan file musiknya bisa di-download.
  4. Microblog. Microblogging yaitu ngeblog dengan tulisan atau teks terbatas, di bawah 200 karakter, seperti Twitter, Facebook, MySpace, dan LinkedIn. Namun, Facebok saat ini memungkinkan Facebooker menulis status panjang, plus fasilitas Facebook Note.
  5. Niche Blog, blog dengan tema khusus atau berisi topik tertentu, misalnya blog kesehatan, blog politik, dll.
  6. General Blog, blog yang berisi berbagai macam topik, tidak khusus tema tertentu.

Berdasarkan Tema
Jenis blog berdasarkan tema sangatlah banyak, mulai dari:

1.    Blog pribadi (berisi curhat atau catatan pribadi)
2.    Blog politik
3.    Blog kesehatan
4.    Blog mode (fashion blog)
5.    Blog agama
6.    Blog bisnis (toko online)
7.    Blog "asal ada" (dibuat tapi 'gak diupdate-update! ).


Ada juga jenis blog lain yang menjadi "common enemy" blogger, yaitu Blog Pengganggu (Spam Blog, Splog). Blog ini hanya berisi tulisan yang "menipu" untuk kepentingan PageRank. Bloggernya sering "blogwalking" untuk berkomentar dengan meninggalkan link aktif atau link hidup (live link).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar